6 Tips Untuk Anda Yang Terlalu Lama Duduk Di Kantor

6 Tips Untuk Anda Yang Terlalu Lama Duduk Di Kantor
6 Tips Untuk Anda Yang Terlalu Lama Duduk Di Kantor
6 Tips Untuk Anda Yang Terlalu Lama Duduk Di Kantor - Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang menghabiskan waktu duduk seharian di kantor. Apakah Anda tahu terlalu lama duduk dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan kesehatan? Sebagai contoh misalnya serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

Ada sebuah survei yang dilakukan di Universitas Minnesota dan Mayo Clinic bahwa karyawan yang bekerja dengan berdiri ternyata setelah beberapa waktu lebih sehat dibanding dengan karyawan yang duduk seharian. Survei tersebut dilakukan dengan cara berdiri saat bekerja dengan diawasi oleh monitor pengawas sampai waktu yang telah ditentukan.

Haruskah berdiri beberapa jam saat sedang di kantor? Anda tidak perlu melakukan hal itu. Berikut ini adalah 6 tips yang akan membantu anda dalam membuat tubuh anda menjadi lebih aktif seperti yang dikutip di Huffington Post.

1. Jaga Postur Tubuh
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, anda yang berhadapan dengan komputer seharian dapat menyebabkan sakit kepala. Aturlah posisi komputer dihadapan anda agar tangan anda tetap lurus dan siku menempel di meja. Supaya leher tidak pegal, layar komputer harus sejajar dengan mata. Kemudian aturlah agar siku dibawah membentuk sudut 90 derajat dan telapak kaki mengenai lantai. Anda dapat mengurangi rasa stress dengan cara duduk tegak 90 derajat. Hal ini akan membuat tubuh anda tetap fit.

2.Usahakanlah menggunakan tangga daripada lift.
Ketika ingin ke ruang kerja anda, jangan manjakan diri anda dengan menaiki lift terus. Coba naik melalui tangga agar otot-otot Anda lebih banyak beraktivitas. Dengan menaiki tangga 3 - 5 lompatan sekali anda dapat membakar kalori lebih banyak.

3.Cobalah untu mengganti alas duduk dengan permukaan yang tidak rata.
Saya yakin, anda pasti nyaman dengan kursi kantor yang empuk dan rata. Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengganti alas kursi dengan permukaan yang tidak datar. Misalnya dengan menggunakan kursi yang berbentuk balon (?). Anda bisa tambahkan bantal diatasnya bila anda merasa malu dengan kursi kantor seperti itu. Karena hal seperti itu akan membuat otot kaki dan bokong menjadi lebih aktif. Untuk menjaga posisi agar tetap pas, maka jaga jarak mata anda dengan komputer.

4.Anda bisa berjalan - jalan sebentar untuk merenggangkan otot.
Saat berjalan - jalan maka tubuh anda akan lebih rileks. Jalan di sini bukan berarti Anda harus keluar kantor dan pergi ke tempat wisata. Anda bisa menggunakan waktu untuk berjalan atau berdiri sambil menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, anda bisa menanyakan bagaimana hasil kerja anda kepada atasan. Anda lebih baik menghampirinya langsung daripada harus mengirimkan email yang membuat Anda tidak banyak bergerak. Atau bisa juga sambil berjalan berdiskusi dengan rekan kerja.

5.Bila ingin meeting, maka lakukanlah diluar kantor.
Hal ini bisa menjadi bagian yang dapat membuat Anda menghilangkan penat serta stres. Dan juga, melakukan meeting di luar dapat menghindarkan anda dari duduk terlalu lama dan meningkatkan energi.

6.Melakukan gerak olahraga ditempat.
Anda tidak harus berlari bermil-mil demi menghindari efek dari kebanyakan duduk. Anda bisa berolahraga di tempat, seperti stretching atau berbagai pose yoga yang membuat otot beraktivitas dan tidak kaku. Sebagai contoh dengan mengangkat kedua tangan kemudian menggerakkannya kekiri dan kekanan. (Ini senam bukan?) Atau dengan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, dan tangan didagu. (Kalau yang ini pernah dengar, tetapi rasanya tangan tidak didagu.. ) Olahraga semacam ini dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dan mengurangi ketegangan saraf yang ada didalam tubuh terutama pada bagian punggung, pinggang dan leher.
0 Komentar untuk "6 Tips Untuk Anda Yang Terlalu Lama Duduk Di Kantor"
Back To Top